Hobi Memasak? Yuk Kenali Ragam Pisau Dapur Dan Kegunaanya

Salah satu peralatan dapur yang dibutuhkan untuk memudahkan dalam memasak adalah pisau. Alat ini berguna untuk memotong bahan makanan menjadi ukuran lebih kecil, sehingga akan lebih mudah untuk diolah dan dikonsumsi. Sejatinya, terdapat berbagai macam pisau dapur yang mempunyai fungsi berbeda. Apa saja jenisnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Jenis Pisau Dan Fungsinya

  1. Chef Knife

Sebelum diolah menjadi hidangan makan yang lezat, bahan mentah harus dipotong terlebih dahulu. Disamping memudahkan dalam proses memasak, pemotongan tersebut juga membuat makanan lebih gampang untuk dikonsumsi. Dalam hal ini, pisau mengambil peran yang sangat penting, khususnya dalam mengubah ukuran bahan makanan.

Sebenarnya, dalam dunia memasak terdapat banyak sekali jenis pisau yang mempunyai fungsi berbeda. Bukan hanya itu, bentuknya juga beragam sesuai dengan kegunaannya. Dengan begitu, pemotongan bahan makanan akan lebih efisien dan mudah. Salah satu jenis pisau yang sering digunakan oleh sebagian besar orang adalah chef‘s knife.

Meskipun namanya chef knife, namun pisau tersebut tidak hanya digunakan oleh koki saja, melainkan semua orang juga memakainya. Alat pemotong ini mempunyai tampilan yang sedikit lebar, dengan panjang sekitar 20 hingga 30 cm. Adapun fungsi dari pisau tersebut adalah untuk memotong daging, sayuran, mencincang bawang dan bumbu lainnya. Bisa dikatakan jika chef’s knife ini pisau serbaguna.

  1. Pisau Roti

Seperti namanya, alat pemotong ini mempunyai fungsi utama untuk memotong roti. Dari segi tampilan, bread knife mempunyai bentuk panjang dengan bagian mata pisau bergerigi, namun tidak terlalu tajam. Adanya aksen gerigi tersebut, dimaksudkan agar roti yang dipotong tidak hancur dan mempunyai hasil rata. Selain itu, menggunakan pisau ini meminimalisir adanya remahan roti.

Umumnya, bread knife mempunyai ukuran panjang sekitar 30 cm, namun terkadang juga ada yang lebih. Apabila anda ingin memotong roti dengan ukuran besar, ada baiknya menggunakan pisau dengan ukuran lebih dari 30 cm. Sehingga proses pemotongan akan lebih mudah dan rapi. Selain untuk roti, ternyata pisau dapur ini bisa digunakan untuk memotong buah dengan kulit licin, misalnya tomat.

  1. Paring Knife Atau Pisau Kupas

Alat pemotong satu ini mempunyai ukuran yang lebih mungil dibandingkan jenis pisau sebelumnya. Paring knife hanya memiliki panjang sekitar 10 hingga 17 cm saja. Jika dilihat sekilas, pisau ini mempunyai tampilan menyerupai chef knife, hanya saja ukurannya lebih kecil. Dengan ukuran tersebut, tentu akan membuat anda lebih nyaman dalam menggunakannya.

Seperti namanya, maka jenis pemotong tersebut lebih utama dimanfaatkan untuk mengupas kulit buah dan sayur.Meskipun begitu, anda juga bisa memanfaatkan paring knife untuk memotong buah dan sayuran. Tak hanya itu, pisau ini juga dapat anda gunakan untuk memisahkan udang dari kulitnya. Kelebihan lainnya, alat pemotong tersebut bisa diandalkan untuk membuat garnish.

  1. Cleaver

Pisau ini juga sering disebut dengan nama chinese chef knife. Jenis alat pemotong tersebut mempunyai tampilan yang berbentuk persegi pipih dengan ukuran besar. Sesuai dengan bentuknya, cleaver knife sangat cocok untuk digunakan dalam mengiris daging berukuran besar. Selain itu, pisau ini juga memungkinkan anda bisa memotong tulang hewan yang keras dengan mudah.

Meskipun begitu, jenis pemotong tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memotong bahan makanan sederhana, misalnya saja sayuran. Disamping untuk memotong, ternyata ukurannya yang lebar dan besar tersebut, sangat membantu pengguna dalam memasukkan bahan makanan ke dalam alat memasak, seperti panci atau penggorengan.

  1. Pisau Keju

Sesuai dengan namanya, maka kegunaan utama dari pisau ini adalah untuk memotong keju. Hal ini dikarenakan, cheese knife memang didesain secara khusus agar bisa mengiris keju yang mempunyai tekstur lunak dan sedikit lengket. Jadi, jika anda ingin membuat masakan dengan bahan dasar keju, sebaiknya menggunakan pisau ini agar hasilnya lebih rapi.

Mengingat desainnya yang khusus, maka wajar jika, jenis alat pemotong tersebut mempunyai tampilan yang berbeda dari pisau dapur lainnya. Dimana, pada seluruh bagian badan pisau tersebut terdapat lubang dengan ukuran sedikit besar. Bukan tanpa fungsi, justru hadirnya lubang ini akan membuat potongan keju menjadi lebih rapi serta tidak menempel pada permukaan pisau.

  1. Boning Knife

Pisau mungil ini mempunyai bentuk melengkung di bagian ujungnya. Secara umum, pisau boning mempunyai ukuran panjang sekitar 15 cm. Walaupun kecil, ternyata jenis alat pemotong tersebut tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, pisau boning mempunyai tingkat ketajaman yang lebih tinggi, sehingga anda harus berhati- hati dalam menggunakannya.

Jika tidak, bisa jadi bukan bahan makanan yang dipotong, melainkan mengiris jari tangan anda. Sebenarnya, bentukan melengkung pada pisau boning dibuat bukan tanpa tujuan. Lekukan di ujung tersebut, dihadirkan untuk memudahkan pengguna dalam memisahkan daging dengan tulangnya. Dengan pisau boning, daging yang berada di area sulit pun bisa dijangkau.

  1. Pisau Carving

Dilihat dari tampilan luarnya, pisau ini mempunyai bentuk yang hampir sama seperti chef knife. Namun, yang membedakan adalah pada charving knife mempunyai lapisan yang lebih tipis. Selain itu, pada bagian ujung dari alat pemotong tersebut lebih runcing, bahkan terkadang ada pula yang dibuat lebih melengkung. Hal ini bertujuan supaya lebih mudah untuk digunakan dalam membentuk buah.

Bisa dikatakan jika pisau carving merupakan alat bantu untuk menciptakan ukiran indah pada buah. Dengan alat tersebut, buah yang mempunyai tampilan biasa, dapat diubah dan dibentuk menjadi sebuah seni yang menarik. Misalnya saja, semangka yang diukir menjadi bunga mawar indah, atau mungkin melon bulat yang disulap menjadi ikan, angsa, maupun tampilan lainnya.

  1. Pisau Minching

Selain menggunakan pisau cleaver, mencincang daging juga bisa dilakukan dengan menggunakan mincing knife. Jenis alat pemotong yang berukuran besar tersebut mampu mencincang daging hingga halus. Secara tampilan, badan pisau dapur tersebut mempunyai bentuk melengkung dengan dua buah pegangan di bagian sisi kanan dan kirinya.

Bagi anda yang mempunyai hobi memasak, tak ada salahnya untuk mempunyai koleksi pisau tersebut. Setiap alat pemotong tentu mempunyai bentuk dan kegunaan yang berbeda. Dengan menggunakan pisau tersebut, anda akan lebih mudah dalam memotong dan mengolah bahan makanan. Apabila ingin mendapatkan rekomendasi lainnya, bisa mengunjungi gabdearq.com.

Scroll to top