Bintik Merah setelah Imunisasi Campak

Imunisasi adalah proses untuk membuat seseorang menjadi kebal terhadap penyakit tertentu. Ketika kita diimunisasi, maka sebenarnya sedang memasukkan sejumlah partikel virus atau kuman yang sudah dilemahkan kedalam tubuh.

Harapan dari dilakukannya imunisasi yaitu agar sistem kekebalan tubuh kita bisa memproduksi zat antibodi yang sesuai sehingga akan terhindar dari suatu penyakit tertentu, salah satunya yaitu campak.

Imunisasi campak ini dilakukan sebanyak 3 kali sehari yaitu pada usia 9 bulan, 24 bulan dan ketika anak memasuki usia SD. Akan tetapi imunisasi campak tersebut juga bisa menimbulkan efek samping seperti bintik merah.

Penyebab Munculnya Bintik Merah Setelah Imunisasi Campak

Dibawah ini merupakan penyebab munculnya bintik merah setelah imunisasi anak :

Efek Samping Imunisasi

Imunisasi merupakan proses penguatan imun tubuh. Tak jarang jika dalam prosesnya menimbulkan efek samping salah satunya yaitu muncul bintik merah pada badan, lemas dan bisa juga dibarengi dengan demam.

Akan tetapi apabila bintik merah yang keluar tidak terlalu parah maka tidak akan membahayakan. Biasanya munculnya bintik merah tersebut setelah dilakukan imunisasi 1-2 hari sesudahnya.

Reaksi Alergi Anak

Bintik merah yang muncul setelah dilakukan imunisasi campak juga bisa disebabkan karena mengalami reaksi alergi. Dan ketika anak alergi biasanya akan sedikit parah, serta disertai dengan gejala tambahan.

Beberapa gejala tambahan yang muncul berupa sesak napas, terjadi pembengkakan pada bagian bibir dan terjadi demam tinggi. Jika bertambah parah maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Cara Mengatasi Munculnya Bintik Merah ;

  1. Menghilangkan bintik merah dengan menggunakan vitamin E
  2. Menghilangkan bintik merah dengan ampas teh
  3. Menggunakan lidah buaya
  4. Menghilangkan bintik merah yang muncul dengan cara mengoleskan madu
  5. Menghilangkan bintik merah dengan menggunakan air dingin
  6. Merendam bayi dengan menggunakan air yang dicampur denagn oatmeal
  7. Mengoleskan salep arnica
  8. Menggunakan krim hidrokortison
  9. Mengompres dengan teh chamomile

 

Itulah informasi yang kami ulas mengenai bintik merah setelah dilakukan imunisasi campak dan cara mengatasinya. Apabila munculnya bintik merah tersebut disertai hal yang tidak wajar maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

 

 

Scroll to top